Thursday, February 28, 2013

Motivasi Hidup: Positive Thinking (Berpikir Positif)

Motivasi hidup mengajarkan kepada kita untuk selalu berpikir positif. Mengambil hikmah dari setiap kejadian. Sebagaimana kisah orang-orang bijak terdahulu berikut ini yang diceritakan dari generasi ke generasi.

Dahulu kala, ada seorang petani yang memiliki seekor kuda. Pada suatu hari, kudanya lepas dan lari masuk ke dalam hutan. Para tetangga turut bersedih hati. Namun sang petani justru berujar, "Entahlah. Ini musibah ataukah berkah".


Keesokan harinya sang petani dibuat terkejut bukan kepalang. Pekarangan rumahnya nampak ditempati oleh beberapa kuda liar yang ternyata dibawa serta oleh kudanya yang kembali pulang setelah kemarin lepas ke hutan. Para tetangga pun langsung mengucapkan selamat kepadanya. Namun sekali lagi sang petani tetap berujar, "Entahlah. Ini musibah ataukah berkah".

Beberapa hari berikutnya, putra sang petani yang tertua sibuk menjinakkan kuda-kuda liarnya. Dan malang tak bisa ditolak. Sang putra terjatuh sehingga kakinya patah. Para tetangga pun menyampaikan duka citanya kepada sang petani. Namun pak tani kembali mengucapkan, "Entahlah. Ini musibah ataukah berkah".

Selang beberapa hari kemudian, muncullah pengumuman dari Raja setempat. Setiap pemuda yang sehat fisiknya diwajibkan turut membantu tentara yang sedang berperang melawan musuh. Sontak, para orang tua bersedih hati karena harus berpisah dengan buah hatinya sementara atau bahkan bisa selamanya. Tetangga pun mengucapkan selamat kepada sang petani karena sakitnya sang putra menghalanginya berpisah dengan kedua orang tuanya. Pak tani pun tetap berujar, "Entahlah. Ini musibah ataukah berkah"...

Sahabat, demikianlah pelajaran berpikir positif dalam menyikapi setiap peristiwa. Semoga bisa menginspirasi hidup kita. Salam :)

1 comment: